Cara Menggunakan Kuota Entertainment Telkomsel, Pembagian Kuota dan Video Max

Cara Menggunakan Kuota Entertainment Telkomsel, Pembagian Kuota dan Video Max

Hai kawan Penaku, mungkin sedikit aneh, karena saya tiba-tiba membahas mengenai cara memakai kuota entertainment Telkomsel. Entah percaya atau tidak, alasan mengapa kali ini sayang ingin memaparkan mengenai jenis kuota pada paket internet Telkomsel, karena hari ini saya habis dibingungkan oleh beberapa rincian paket internet Telkomsel.

Merasa bingung dengan semua pilihan paket, pembagian paket yang kata sebagian orang "CUKUP MENYEBALKAN", sayapun akhirnya memutuskan Googling dan mencari pencerahan.

Naas, hasil pencarian yang saya lakukan memang membuat saya sedikit lebih mengerti mengenai cara kerja pembagian paket internet Telkomsel, termasuk fungsi beberapa paket internet tersebut. Misalnya seperti kegunaan paket HOOQ dan VIU, serta cara menggunakannya.

Namun proses yang saya tempuh dalam mencari informasi mengenai hal tersebut bisa dikatakan cukup menyedot banyak energi, waktu dan tentu saja kuota internet saya yang makin lama makin terkuras.

Karena kebanyakan artikel yang saya temukan "TIDAK BERGUNA" atau lebih tepatnya "TIDAK JELAS". Kebanyakan hanya memfokuskan pada keyword pencarian. Mungkin mereka berfokus untuk mendapat rating SEO tinggi, saya tidak mau banyak komentar, wajar namanya usaha.

Dan oleh sebab itulah, saya ingin membagi beberapa pengalaman menarik saya mengenai cara menggunakan kuota Entertainment Telkomsel dan kuota lain, serta memahami pembagiannya.

Baiklah, pertama kita bahas mengenai paket internet Telkomsel yang dibagi-bagi.

Paket Internet Telkomsel dan Pembagiannya


Pada beberapa pilihan paket internet Telkomsel yang cukup mendasar. Diantaranya beberapa paket dibawah Rp100rb. Seperti paket internet pilihan yang cukup populer, yakni paket internet dengan harga Rp70 ribu.

Ada beberapa paket menarik dengan harga tersebut. Pertama adalah paket internet Telkomsel 7GB, 10GB, 12GB dan 30GB.

Masing-masing dibagi dengan jatah tertentu.

Misalnya paket 7GB dibagi untuk jaringan 3G sebesar 4GB, 2GB untuk 4G LTE dan 1GB untuk HOOQ dan VIU.

Demikian pula paket lainnya, termasuk paket kegemaran saya, yakni 30GB yang dibagi untuk jaringan 3G sebesar 2GB, 5GB untuk 4G LTE, 13GB untuk penggunaan tengah malam (MDS) dan sisanya untuk VIU atau HOOQ sebesar 10GB.

Untuk informasi mengenai paket internet Telkomsel lain dan pembagian paket internet Telkomsel yang lebih jelas akan kita bahas di lain waktu, atau silahkan cek situs Telkomsel.

Kegunaan Kuota Internet Telkomsel


1. Kuota Reguler


Pertama yang akan kita bahas di sini adalah kegunaan kuota reguler. Kuota reguler ini bisanya merupakan kuota internet Telkomsel paling mendasar yang bisa digunakan untuk apa saja dan di jaringan apa saja, baik 3G atau 4G LTE.

Kuota ini terdiri dari kuota Lokal dan Nasional. Seperti Anda ketahui, kuota lokal hanya bisa digunakan di wilayah dimana Anda membeli nomor tersebut (diluar wilayah nomor tidak berlaku).

Sementara untuk kuota Nasional, bisa dipakai di seluruh Indonesia.

Kuota reguler ini bisa digunakan untuk sosial media, browsing, menonton YouTube, Game dan banyak lagi.

2. Kuota 4G LTE


Seperti diketahui, nyaris semua kuota internet Telkomsel saat ini dibagi dengan kuota 4G. Nyaris memiliki fungsi sama dengan kuota reguler, hanya saja kuota internet 4G LTE ini cuma bisa dipakai di jaringan 4G LTE saja. Diluar itu, gak akan kepake.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan hp Android 3G atau hp 3G atau modem 3G di PC atau laptop, sebaiknya pilih operator lain, atau berani berkorban. Karena kuota 4G Anda akan sia-sia dan tidak terpakai.

Solusinya? Upgrade hp Android Anda jadi hp Android 4G LTE, atau ganti modem Anda ke modem 4G.

3. Kuota HOOQ dan VIU


Sebenarnya kuota internet HOOQ dan VIU ini sudah cukup jelas. Keduanya merupakan kuota internet yang cuma bisa digunakan untuk menonton atau mendapatkan konten dari dua aplikasi tersebut.

Eentah itu untuk menonton drama Korea di VIU atau film bergengsi di HOOQ. Salah satu favorit saya adalah serial TV "Castel" yang juga tayang di FOX kalo gak salah. Ada episode lengkapnya di HOOQ, dan inilah yang bikin kuota HOOQ saya jebol, serta menginspirasi saya untuk mencari informasi mengenai kuota internet HOOQ Telkomsel yang lebih murah.

Namun naas, yang saya temukan sebaliknya. Kuotanya malah lebih mahal dan lebih gila.

3. Kuota Entertainment Telkomsel



Nah, melanjutkan pembahasan diatas. Dalam pencarian saya tersebut, saya mendapat sebuah wangsit, untuk masuk ke pilihan kuota internet GIGAMAX. Entah atas dasar apa.

Saya menemukan ada paket bernama paket Entertainment, dan saya mencoba untuk mencari info lebih dalam. Ada dua pilihan, yakni Video Max dan GIGAMAX.

Pilihannya beragam, dari kuota sedang hingga luar biasa, mencapai 50GB. Tertarik, saya cari lebih dalam lagi.

Kuota internet Telkomsel GIGAMAX 50GB ini rupanya dibagi 3 bagian, plus bonus pulsa.

Pertama ada kuota 20GB untuk 4G LTE, 8GB Entertainment dan 22GB HOOQ. Sebenarnya sebelum masuk pembagian ini, Anda akan diminta memilih, antara paket HOOQ atau VIU. Dan untuk VIU, yang muncul 22GB adalah untuk VIU.

Jangka waktunya adalah 30 hari plus bonus pulsa Rp100ribu untuk 7 hari (buat apa coba?). Dan harga paketnya adalah Rp300.000.

Perbandingan Kuota 30GB vs 50GB


Kemudian saya coba bandingkan dengan paket internet favorit saya, yakni 30GB dengan harga Rp70.000. Dimana saya akan mendapatkan pembagian berupa 2GB kuota 3G, 5GB kuota 4G, 13GB MDS dan 10GB HOOQ/VIU.

Menarik, karena untuk mendapatkan 20GB 4G yang bisa digunakan pada paket mahal tersebut, saya cuma butuh uang sebesar Rp210.000 saja, lebih hemat 100.000, dengan asumsi menggabungkan kuota 3G dan 4G jaru 7GB. Dimana saya harus melakukan pembelian sebanya 3 kali.

Namun kuota 30GB ini lebih menguntungkan lagi, karena ada kuota MDS yang berjumlah 13GB dikali 3 menjadi 39GB. Selain itu, kuota HOOQ/VIU juga akan menjadi 30GB. Lebih menguntungkan bukan?

Sayangnya, saya tidak yakin apakah paket internet 30GB seharga 70ribu ini akan ada selamanya atau tidak. Plus saya juga mendapay pulsa telkomsel sebesar 20.000 per pembelian.

Kegunaan Kuota Entertainment


Dan dalam perbandingan tersebut, muncul pertanyaan lain di benak saya. Apa sih fungsi dari kuota Entertainment dengan total 8GB. Apakah sama dengan kuota reguler, atau malah cuma bisa dipakai nonton kayak HOOQ.

Setelah melakukan pencarian, saya menemukan, bahwa kuota Entertainment ini pada dasarnya sama dengan kuota HOOQ. Cuma kuota HOOQ sebesar 22GB pada paket 50GB diatas cuma bisa dipakai di aplikasi HOOQ.

Sedangkan kuota Entertainment ini bisa dipakai juga di aplikasi VIU, atau sebaliknya jika Anda memilih menu paket internet Entertainmet VIU.

Dengan kata lain, cuma untuk nonton film saja? Wah, cukup mengejutkan, dan mahal sih menurut saya.

Dan dari beberapa blog yang saya coba tapaki. Saya juga menemukan, bahwa rupanya paket internet Entertainment ini adalah nama lain dari VideoMax yang hadir sebagai bonus pada paket internet lainnya. Seperti paket HOOQ/VIU 10GB di paket favorit saya.

Demikian itulah, sedikit pengalaman saya dalam mempelajari mengenai pembagian paket internet Telkomsel, termasuk apa fungsi dan kegunaan, serta cara menggunakan paket Entertainment yang membingungkan dari si jago merah.

BACA JUGA : Cara TM simPATI untuk Menelpon dengan Rarif Murah

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat PenaKu sekalian. Dan selamat menjalani hari menyenangkan semuanya, Thanks.

Dan tak lupa, terima kasih untuk info lebih lengkap dari blog, asal-oyeg.blogspot.co.id dan Kaspala.com.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »